Biaya Hidup Mahasiswa di Semarang Jawa Tengah Biaya Hidup Mahasiswa di Semarang Jawa Tengah | Zona Informasi

Biaya Hidup Mahasiswa di Semarang Jawa Tengah

Biaya Hidup Mahasiswa di Semarang Jawa Tengah, Ada beberapa universitas ternama di semarang, seperti Undip, UNNES, UIN Walisongo, dan lain sebagainya. Ini menjadikan peminat untuk mencari pendidikan di semarang semakin banyak. Saya sendiri sempat mendaftar di beberapa universitas di semarang, tapi apalah daya masih belum diberikan kesempatan, dan akhirnya saya menempuh pendidikan di solo, seperti yang saya sampaikan pada artikel Biaya hidup Mahasiswa di Solo.

Biaya Hidup Mahasiswa di Semarang Jawa Tengah

Seorang Mahasiswa  perantauan pastinya akan memerlukan tempat tidur sendiri, makan/ masak sendiri dan bahkan harus mencuci baju sendiri, boleh lah se- sekali di laundry, akan tetapi ini akan memakan biaya yang besar. jadi saya sarankan untuk mandiri, dan belajar untuk hidup lebih dewasa. karena ini masa kita untuk berjuang dan berusaha.

Biaya Hidup di Semarang Jawa Tengah

Biaya hidup di semarang, Semarang merupakan sebuah kota ternama yang setara dengan surabaya, malang, bandung, dan bahkan jakarta, selain dengan pendidikan yang bagus, disemarang juga memiliki wisata alam yang sangat luar biasa indahnya dan juga peninggalan sejarah. oleh karena itu banyak sekali mahasiswa/ para kaum remaa untuk ingin belajar di semarang.

Biaya hidup disemarang lebih mahal, dari pada kota solo, akan tetapi biaya hidup di semarang masih terhitung lebih murah dari pada biaya hidup di jakarta. nah berikut akan saya sampaikan secara detailnya biaya hidup di semarang.

Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Semarang Jawa Tengah

data ini per maret 2017

Teman saya ada yang bilang mengenai Biaya Hidup jadi Mahasiswa UNDIP Semarang, dan dia berkata bahwa “biaya hidup lebih mahal daripada biaya kuliah” yaah  Mungkin bagi mahasiswa yang asli semarang tidak setuju dengan ungkapan diatas, akan tetapi bagimahasiswa perantauan pasti sangat setuju. karena biaya anak kos itu tidak murah, dan tidak mudah..

Biaya Kuliah Mahaiswa di semarang


Untuk biaya kuliah ini bergantung dengan kebijakan Universitas masing- masing, mungkin kisarang 400-700 rb/ bulannya

Makan dari jam 08.00 pagi sampai jam 21.00
untuk biaya makan kisaran 7ribu (nasi sayur + gorengan dan es teh) 

kalau ingin enak ya 12ribu (Nasi sayur + ikan lele + Es susu)

akan tetapi kalau ingin hemat uang 10rb bisa buat makan satu hari, yang pasti harus masak sendiri. 

kalau dimalam hari ya solusinya makan di HIK (Hidangan istimewa kampoeng), Nasi goreng atau warteg (6-12ribu) sudah kenyang

Biaya tempat tinggal/ kos di semarang

Untuk biaya kos untuk masiswa Putra, lebih murah dari pada kos putri yakni kisaran 250-600 rb/ bulannya 

kalau untuk mahasiswa putri kisaran 350rb-1juta/ bulannya

ada juga beberapa yang tahunan kisaran 3-6 juta/ tahunnya 

Dan pastinya semakin mahal biaya yang kita keluarkan fasilitas dan lingkungan pun juga akan semakin baik, tapi kalau kita tidak bisa menjaga diri dengan baik juga percuma. kalau saran saya sih pandai- pandai dalam menjaga diri, hidup anak kos itu keras bung....

Untuk kebutuhan mahasiswa lainnya 

seperti untuk Biaya bensin, Biaya pulsa, Biaya laundry, Biaya service kendaraan, Biaya buku dan fotocopy, Biaya keperluan mandi ini tidak menentu karena ini kebutuhan sekunder dan bisa juga dibilang kebutuhan primer sih, tapi menurut saya ini kebutuhan sekunder hehe.


Kalau anda memiliki kendaraan pribadi pasti akan lebih mahal biayanya, karena pastinya andak akan sering main ke berbagai taman wisata ataupun hangout bersama temen- temen kampus dan biaya untuk ini tidak sedikit. bayangkan jika sekali anda keluar habis 150rb berarti kalau sebulan anda keluar sebanyak 4 kali maka biayakan membengkak 600rb dan ini bukan uang sedikit kalau kita orang yang pas- pas an


Untuk biaya hidup mahasiswa disemarang perbulannya mungkin total kisaran 1,6 juta perbulan, yah ini sudah bisa hidup nyaman di semaang. akan tetapi kalau anda ingin survive di semarang dengan uang 500rb juga bisa hidup selama satu bulan, akan tetapi anda juga harus mau menerima kosekuensi dan bekerja keras, karena tidak ada yang namanya hidup itu mudah. kita harus berjuang.


Semoga artikel mengenai Biaya Hidup Masiswa di Semarang Jawa Tengah, ini dapat bermanfaat dan membantu segai referensi sebagai pilihan anda.

1 Response to "Biaya Hidup Mahasiswa di Semarang Jawa Tengah"

  1. kalau smrg atas ma bawah biaya hidupnya(mkan,kos dll) jauh beda ato sama aja ya?

    ReplyDelete

Apabila Informasi yang saya sampaikan terdapat kesalahan saya mohon maaf, dan alangkah baiknya jika di sampaikan melalui Komentar dibawah ini. Secepat mungkin akan saya perbaiki :D
"Tak ada mahluk Tuhan yang Sempurna"